LEADERSHIP OUTBOUND TRAINING Gelombang 3

Posted: Februari 14, 2013 in Tidak terkategori

Hari minggu, tanggal 13 Janari 2012, Ascarya meliput acara LOT ( Leading Outbound Training) yang di adakan di Java, Muncul. Beberapa peserta LOT kami ajak wawancara. Berikut hasil wawancaranya.

Adit, kelompok Pangeran Charles, angkatan 2011

Gambar

Q:Kesanmu bagaimana mengikuti LOT ini?

A: “Kesan pertama mengikuti LOT adalah capek, saya jujur  mengatakannya. Kalau kita tidak mengikuti LOT ini dengan maksimal, sudah capek-capek tapi cuman bercanda doang, gak akan ada hasilnya.Jadi harus maksimal agar dapat manfaat dari mengikuti LOT ini.”

Q:Menurut kamu,versi seminar dan outbound ini, lebih senang mana?

A: “Kalau saya jujur lebih senang yang langsung turun kelapangan, soalnya kita bisa terima langsung prakteknya, tidak hanya secara teori, karena lebih enak kalau langsung ke prakteknya.”

Q:Apa kelebihan dan kekurangan panitia, serta saran?

A: “Saya rasa sudah cukup baik kerja panitia, tepat waktu, tepat sasaran apa yang harus dikerjakan, cukup memuaskan menurut saya.”

Q:Pesan buat teman-teman yang belum mengikuti LOT?

A: “Pesannya, jangan percaya kalau LOT bakal digojlok atau apalah yang negatif gitu, pasti capek, tapi dari capeknya dapat senangnya kok, dapat teman baru, pengalaman baru.”

Q: Menurutmu sebagai peserta, apa tujuan diadakannya LOT ini?

A: “Kalau menurut saya, ini seperti mengetes karakter kita itu seperti apa, lalu skill pemimpin kita seperti apa. Pokoknya kita sadar dirilah karakter kita seperti apa.”

Q: Nah, menurutmu apakah jiwa kepemimpinan itu sudah ada?

A: “Kalau jadi pemimpin itu susah-susah gampang, misalnya kalau kita mengikuti kegiatan LOT ini dengan tidak terpaksa dan dengan kemauan sendiri, pasti kita bakal menemukan jiwa pemimpin yang ada di dalam diri kita kok. Sebenarnya sih sedikit sudah ada, karena mungkin lingkup mahasiswa, aku bisa menemukannya dari UKSW atau saya di percaya memimpin organisasi, mungkin seperti itu. ”

Gabriella Sita Devi, kelompok BJ Habibie, angkatan 2012

Q:Kesanmu bagaimana mengikuti LOT ini?

A: “Kesannya,kalau boleh jujur, capek. Ribetnya itu kenapa satu malam harus begini?Mana kondisi cuaca juga tidak bersahabat.Lalu yang bikin kesal itu kemarin hujan, dan terlalu banyak aturan juga. Saya merasa ini seperti makrab dan bukan LOT. Kalau manfaatnya banyak, dari outbound kita di ajarkan bagaimana kerjasama yang baik dengan anggota kelompok, bagaimana jadi pemimpin.”

Q: Nah, menurutmu apakah manfaat mengikut LOT?

A:“Dari awal-awal diri kita mungkin kita harus bisa percaya pada diri sendiri.Dari pelatihan di kelas juga sebenarnya kita individu punya gaya kepemimpinannya sendiri-sendiri, Cuma kita belum bisa menggunakannya kalau menurutsaya. Kalau dipikirkan,dibandingkan dengan ribet, manfaat yang kita dapatkan lebih banyak.”

Q:Apa kelebihan dan kekurangan panitia, dan sarannya?

A: “Cukup bertanggung jawab. Kemarin peserta LOT kesel, karena kalau dalam makrab ‘kan panitia tidur di tenda juga, sama seperti peserta. Nah,kalau disini peserta di tenda, panitia tidak, jadi gak sama rasa, gak sama rata”

Q: Nah, menurutmu apakah jiwa kepemimpinan itu sudah ada?

A: “Lumayan, karena kita dari awalnya ragu atau tidak percaya diri. Dengan ikut LOT ini, kita jadi yakin pada diri sendiri bahwa sebenarnya kita mampu, dan belajar bekerjasama dengan teman.”

Oni Novilia, kelompok Soeharto, angkatan 2012

Gambar

Q: Bagaimana kesanmu mengikuti LOT ini?

A: “Kesannya lumayan senang, ibaratnya seperti mengulang makrab tahun lalu, cuman ini lebih santai, ikut game”

Q: Apa kelebihan dan kekurangan panitia, dan sarannya?

A: “Kerja panitia sudah maksimal, karena di lihat dari hasilnya secara keseluruhan acara ini berjalan dengan baik, berarti kan panitia kerjanya sudah baik. Kendalanya itu tempat outboundnya kotor hari pertama, kalo hari kedua karena sudah di bersihkan jadinya lumayan bersih. Tapi menurutku sudah baik.”

Q: Nah, menurutmu apakah jiwa kepemimpinan itu sudah ada?

A:“Belum, karena jiwa kepemimpinan itu tidak bisa langsung muncul karena ikut LOT ini. Dari diri kita sendiri yang ada kemampuan untuk di bentuk menujadi pemimpin. Nah, dari diriku itu tidak mau menjadi pemimpin, masih santai-santai saja. “

Q:Menurutmu tujuan dari LOT itu apa?

A: “Melatih agar kita mampu menjadi pemimpin di aras fakultas. Kalau untuk LOT arasnya fakultas. Jadi, ada tingkatannya, setelah ikut LOT ada LMKM yang arasnya universitas dan LLKM arasnya dunia kerja.”

 

Q: Tujuan kamu mengikuti LOT ituapa?

A: “Saya mengikuti LOT ini untuk mencari pengalaman.”

Q:Apakah kamu menyarankan untuk teman-teman yang belum mengikuti LOT ini untuk ikut LOT atau tidak mengikut LOT?

A: “Ya, saya menyuruh teman-teman yang belum ikut untuk ikut karena bisa melatih jiwa kepemimpinan.”

Kegiatan-kegiatan yang dilakukan peserta LOT Gelombang 3

Penyajian Materi menyangkut LOT

Gambar

Outbound

Gambar

Gambar

Gambar

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s