Menyongsong Era Baru Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

Posted: Februari 5, 2013 in Tidak terkategori

Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga menyelenggarakan kegiatan Economics Competition (EC) dan Seminar “Peran Perbankan dan Sektor Bisnis dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN” pada hari Rabu, 16 Januari 2013. Kegiatan EC dan seminar ini diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan lainnya, yakni Entrepreneurship Games (EG) yang diadakan oleh Kelompok Studi Manajemen (KSM), Satya Wacana’s Accounting Competition (SWAN), dan Business Communication Competition (BCC).

Peserta lomba berasal dari sekolah-sekolah menengah atas (SMA) yang berada di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Secara keseluruhan, jumlah peserta lomba adalah 64 siswa, dengan rincian 51 peserta EC dan 13 peserta BCC, serta 30 tim yang terdiri dari 18 tim peserta SWAN dan 12 tim peserta EG.

Dalam perlombaan Economics Competition, juara I diraih oleh SMA Taruna Nusantara, juara II SMA Negeri 5 Surabaya, dan juara III SMA Negeri 1 Banjarnegara. Sedangkan dalam perlombaan Entrepreneurship Games, juara I lomba ini diraih oleh SMA Taruna Nusantara dengan total point sebesar 94 dengan produk yang dihasilkan adalah sandal kertas, juara II diraih oleh SMUKI dengan total point sebesar 92 dengan  produk yang dihasilkan adalah lampu duduk anyaman ban, dan juara III diraih oleh SMA PGRI Salatiga dengan produk yang dihasilkan adalah aksesoris kalung.

Yeterina Widi Nugrahanti, SE, M.Acc, selaku koordinator Tim Promosi FEB UKSW berharap melalui kegiatan lomba dan seminar ini, peran FEB UKSW dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas.

Seminar “Peran Perbankan dan Sektor Bisnis dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN” ini menghadirkan tiga pembicara, yakni Dr. Joni Swastanto, SE., M.Sc (Kepala Kantor Bank Indonesia Wilayah V Jawa Tengah dan DIY), Hezron Sabtyo (Manajer Produksi CV. Coco Prima Jaya), dan Roos Kities Andadari, SE., MBA., Ph.D (Staf Pengajar FEB UKSW).

Dalam sambutan pembukaan, Wakil Dekan FEB UKSW, Harijono, SE., MAF., Mcom (Hons), Ph.D mengemukakan bahwa penyelenggaraan lomba dan seminar adalah untuk meningkatkan kemampuan kompetisi dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Pada kesempatan yang sama, di Balairung Universitas Kristen Satya Wacana, Dr. Gatot Sasongko, SE., MS., selaku penanggungjawab kegiatan EC mengemukakan bahwa melalui kegiatan EC dan seminar ini, masyarakat khususnya dunia pendidikan dapat memiliki pemahaman yang baik sehingga dapat menjadi tulang punggung bangsa dalam memperkokoh perekonomian di era baru yakni Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s