Economics Goes to ‘da World

Posted: Oktober 18, 2011 in Liputan

Tidak lama ini Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga mengadakan serangkaian acara penyambutan bagi mahasiswa baru 2011. Rangkaian acara ini meliputi Pengenalan LK FEB, Malam Keakraban (Makrab), dan Talent Show dari mahasiswa baru.

Serangkaian acara ini bertujuan memberikan jembatan kepada mahasiswa baru untuk mengenal lebih dalam lagi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, dan juga untuk menjalin keakraban antar mahasiswa baru. Selain itu, dengan diadakannya acara ini diharapkan para peserta dapat terdidik untuk bisa goes to international dengan cara bersosialisasi dan menjadi pribadi yang disiplin. Hal tersebut dapat dilihat dari pemilihan nama Makrab tahun ini, yaitu “Economics Goes to ‘da World (E-GOAL)”.

Pengenalan Lembaga Kemahasiswaan (LK) FEB dilaksanakan pada tanggal 10 September 2011 dari pagi pukul 07.00 WIB hingga sore pukul 15.00 WIB. Dalam acara ini, para mahasiswa baru diajak tour keliling kampus oleh para wali mereka untuk mengunjungi stand-stand dari unit-unit LK FEB. Di stand tersebut mahasiswa dikenalkan dengan unit LK yang bersangkutan oleh para fungsionaris unit tersebut. Selain itu, mahasiswa baru juga dapat langsung mendaftarkan diri untuk bergabung dengan unit-unit LK yang diminatinya.

Rangkaian acara yang kedua adalah Malam Keakraban (Makrab). Makrab dilaksanakan pada tanggal 24-25 September 2011 yang bertempat di Bumi Perkemahan Pantaran, Ampel, Boyolali. Makrab tahun ini berkonsep sepak bola, untuk menyesuaikan dengan nama acaranya, yakni E-GOAL. Mulai dari nama kelompok yang diambil dari nama-nama klub sepak bola, sampai atribut peserta yang serba sepak bola.

Peserta berangkat menuju lokasi acara dari kampus UKSW pada hari Sabtu pagi. Sebelum berangkat ke Pantaran, acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Eranus Yoga Kundhani selaku Koordinator Bidang Kemahasiswaan (Koorbidkem) FEB UKSW. Sesampainya di Pantaran, para panitia memeriksa barang bawaan peserta, setelah itu para peserta diperbolehkan untuk mendirikan tenda. Setelah tenda berdiri, para peserta diberikan waktu istirahat dan memasak untuk makan siang.

Hari pertama sudah dimulai dengan banyak kegiatan acara. Siang harinya, acara dilanjutkan dengan kampanye dari beberapa calon ketua angkatan 2011, pemilihan ketua angkatan 2011, dan fun games.  Pada malam harinya diadakan acara api unggun.

Pada hari kedua, acara dimulai dengan outbound dari tim PMI. Setelah acara outbound selesai, peserta diberikan waktu untuk mengemasi tenda dan barang-barangnya untuk bersiap-siap kembali ke kampus. Setelah makan siang, peserta dipulangkan ke Salatiga dan diturunkan di Lapangan Polres dan kemudian melakukan long march menuju kampus UKSW dengan menyanyikan yel-yel E-Goal dan Mars FEB.

Sesampainya di kampus, acara dilanjutkan dengan pengumuman dan pelantikan ketua angkatan 2011, dan terpilihlah Mesakh Yolando sebagai ketua angkatan 2011. Setelah itu, acara kemudian dilanjutkan dengan penyematan pin dan penyiraman air kembang kepada para peserta sebagai tanda bahwa para peserta sudah resmi dianggap sebagai keluarga besar Fakultas Ekonomika dan Bisnis UKSW.

Acara makrab selesai pada pukul 16.00 WIB. Setelah itu para peserta diberikan jeda waktu satu minggu untuk mempersiapkan talent show mereka yang dilaksanan pada tanggal 1 Oktober 2011 di Balairung Utama (BU) UKSW.

Talent Show merupakan acara pertunjukkan kreatifitas dari para mahasiswa baru, antara lain: Boysband vs Girlsband, parodi iklan, lipsync India, OVJ, video clip, Dubbing Time, The Promotor, Pom-Pom Boys, musik kreatif, sinden gosip, parodi Magician, dan Masquerade. Di sini tiap kelompok peserta dikolaborasikan dengan kelompok peserta lainnya untuk memberikan pertunjukkan yang kemudian dinilai oleh para juri yang terdiri dari Koorbidkem, ketua acara E-GOAL, dan salah satu perwakilan seksi acara.

Acara Talent Show dimulai pada pukul 13.00 WIB dan dibuka dengan sambutan dari Bapak Yafet Y.W Rissy, SH, M.Si., LLM selaku Pembatu Rektor III UKSW. Selain itu acara Talent Show juga diisi dengan pemberian awards kepada para panitia E-GOAL.

Acara Talent Show selesai sekitar pukul 19.00 WIB dan ditutup oleh penampilan dari grup musik ORB (Orkes Ra Bayaran) Gereh Layur dimana personilnya adalah para mahasiswa FEB angkatan 2009. Dengan ditutupnya acara Talent Show, sekaligus menutup rangkaian acara E-GOAL, dan para peserta sudah resmi dianggap sebagai keluarga besar FEB UKSW. Well, congrats to ya all guys! Welcome to the jungle. Cheers!

Talent Show Results (Winner) :

  1. AS Roma & Valencia (Lipsync India)
  2. Chelsea & Juventus (Video Clip)
  3. Sevilla & Inter Milan (Parodi Iklan)

Panitia Awards Results :

  1. Panitia of The Year : Papua
  2. Panitia Terganteng : Weda
  3. Panitia Tercantik : Trefi
  4. Panitia Terbaik : Anton
  5. Panitia Teramah : Gabby
  6. Panitia Tergalak : Trefi
  7. Panitia Tergokil : Papua
  8. Panitia Teraneh : Joko
Andaru Dwika Yanuar
Komentar
  1. myrmecodia mengatakan:

    nunut koment..
    tulisan ini sudah lama kok gak ada tambah ya?

    tentang tulisan ketuane pengen eksis….hahhaha

  2. Ascarya mengatakan:

    hmm, maksudnya apa ik mas? >.<
    -gaby-

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s