Penggabungan BSP & MP ke Dalam FEB

Posted: April 18, 2011 in Liputan

Fakultas Ekonimika dan Bisnis (FEB) UKSW  sekarang mempunyai anggota keluarga baru. Mereka yaitu, Business Secretary Program (BSP) dan Personal Management (MP) sekarang menjadi bagian dari Fakultas Ekonimika Dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana. Penggabungan  dua program studi ini dikarenakan adanya Surat Keputusan Pemerintah yang menyebutkan bahwa, pendidikan D3 harus disatukan ke dalam fakultas bertaraf Strata 1 (S1) yang ilmunya masih serumpun. Selain  Business Secretary Program dan Personal Management yang bergabung kedalam FEB, ada juga beberapa program studi lain yang dilebur yaitu : Teknik Informatika (D3), Public Relation, dan Komputerisasi Akuntansi, ketiga program studi ini digabung kedalam Fakultas Teknologi Informasi UKSW (FTI).

Penggabungan BSP & MP ke dalam FEB banyak direspon dari berbagai kalangan di dalamnya. Mulai dari dosen, LK (Lembaga Kemahasiswaan), dan mahasiswa. “Melihat perubahan trend dalam memenuhi kebutuhan pasar BSP yang terdiri dari 2 jurusan yaitu, secretary dan tourism yang awalnya mulanya berasal dari FKIP Bahasa Inggris, ternyata para lulusannya lebih bekerja diluar profesi mereka yang lebih cenderung ke dalam dunia bisnis, sehingga bidang secretary dianggap lebih kompeten kompeten di gabungkan ke dalam FEB,” ungkap Ceacilia Tri wahyanti sebagai kaprogdi BSP.

Albert Kristian salah satu dosen FEB juga berkomentar mengenai penggabungan BSP saat dimintai keterangan oleh E-Time. Beliau berharap, dengan adanya penggabungan antara PP dengan FEB, pendidikan multi enteri dapat berjalan dengan baik. Misalnya, bagi yang sudah selesai di jenjang D3 ingin melanjutkan ke S1, hanya mengambil SKS yang tersisa saja. Hal ini, menurut beliau akan mempermudah mahasiswa karena tidak harus mengulang dari awal di level S1.

Menurut Tika, ketua HMP BSP, Pada awalnya kita sempat kaget dengan penggabungan ini, karena sekarang kita berada di fakultas sebesar FEB, sejujurnya dulu LK kami tidak berfungsi maksimal, tapi sekarang karena bergabung dengan FEB, LK kami berfungsi kembali, hal ini sudah sangat terasa saat kami mengikuti rapat kerja (Raker LK) kemarin, yang sebelumnya kami tidak pernah mempersiapkan raker. Di sisi lain, penggabungan ini juga banyak menimbulkan sisi positif bagi kami, salah satunya masalah dana bagi LK kami, apalagi LK yang bergerak dalam bidang professional skill. Di sini LK kita bernama HMP (Himpunan Mahasiswa Program profesional) , dulu sebelum bergabung dengan FEB dari fakultas kami hanya mendapat 2 juta rupiah untuk setiap kegiatan, tapi sekarang setelah bergabung kami mendapat 11 juta untuk 3 kegiatan, hal ini banyak disambut baik oleh teman- teman kami”

Tapi disisi lain banyak juga dari mahasiswa FEB yang tidak merasakan dampak apapun dari penggabungan ini. “Kalau buat aku pribadi sih tidak merasakan dampak apa – apa dari penggabungan ini, tapi aku berharap kalau memang ada keluarga baru yang masuk dalam FEB, dari FEB sendiri juga harus memfasilitasi mahasiswa mereka dengan adil, seperti mereka memfasilitasi kita, karena kalau aku lihat masih banyak keluhan dari anak BSP & MP tentang fasilitas buat mereka. Untuk harapan kedepannya bagi FEB, aku harap FEB bisa sekamin kompetitif dibanding dengan FE universitas lain soalnya sekarang kan program studinya sudah banyak dan variatif ada manejemen, Ilmu ekonomi, aakuntansi, Business Secretary Program, dan Personal Management. Selain itu ditambah lagi dengan Program Pasca Sarjananya”, kata seorang mahasiswa FEB angkatan 2009 yang enggan disebutkan namanya.

Bravo FEB  !!! 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s