UKSW Kampus Indonesia Mini. Apakah Kalian Mengetahuinya?

Posted: November 13, 2010 in Opini

UKSW? Apaan sih itu? Dimana sih tuh kampus?

Pertanyaan semacam itulah yang sering saya dapatkan dari teman-teman saya diluar kota. Banyak orang yang jarang bahkan belum pernah mendengar tentang UKSW. Padahal nama UKSW sudah dikenal orang diluar negeri.

Universitas Kristen Satya Wacana, biasa disebut UKSW, adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia yang terletak di sebuah kota kecil di kaki gunung Merbabu, tepatnya di kota Salatiga. Universitas ini berdiri pada tanggal 30 November 1956. Wah, sudah tua ternyata ya? Saat itu orangtua saya saja belum lahir.

Universitas ini sering disebut sebagai “Kampus Indonesia Mini”. Sebutan itu diberikan karena civitas akademikanya berasal dari berbagai daerah di Indonesia (dari Aceh, Lampung, Banjarmasin, Manado, bahkan Papua). Bisakah kalian bayangkan berbagai budaya dan adat istiadat dari berbagai daerah yang bersatu didalam sebuah kampus? Sulit dibayangkan.

Dulu saya sempat mengatakan “Ih, kok di UKSW toh? Ora maju-maju ntar. Kalau kuliah di UKSW itu kaya tidak bisa maju gitu loh.” Tapi sekarang saya menyesal berkata seperti itu. Hilangkan pikiran seperti itu. Seharusnya saya bangga bisa kuliah disini karena teman-teman dan civitas akademikanya berasal dari daerah dan latar belakang yang berbeda. Seharusnya saya bangga karena alumni-alumninya banyak yang berhasil tidak hanya didalam negeri, tetapi juga diluar negeri.

Di UKSW, sistem perkuliahannya sangat baik. Didukung pula dengan suasana kota Salatiga yang sejuk, yang memudahkan kita untuk belajar. Tidak jarang kita dapat menemukan mahasiswa yang dapat menyelesaikan masa kuliahnya dalam jangka waktu 3,5 tahun bahkan 3 tahun. Bahkan beberapa waktu yang lalu, ada mahasiswa yang dalam jangka waktu 3,5 tahun mampu menyelesaikan studi S1 nya di 2 fakultas yang berbeda dan S2 nya di fakultas ekonomi Satya Wacana.

UKSW tidak hanya dapat bersaing dengan Universitas lain dalam bidang akademik saja. Tetapi juga dalam bidang non-akademik. Seperti beberapa hari yang lalu, grup Lentera Kasih UKSW yang baru saja tiba setelah berlawat di Singapura dan Filipina. Serta kelompok dari FSP (Fakultas Seni Prtunjukan) UKSW yang tampil di Pontianak dalam acara tingkat nasional. Oya, UKSW juga universitas pertama di Indonesia yang bisa ikut berpartisipasi dalam NBL (National Basketball League). Dan masih banyak lagi prestasi-prestasi lain dari UKSW.

Bagi masyarakat yang tidak mengetahui tentang UKSW, cobalah mengunjungi website UKSW, www.uksw.edu, atau bisa bermain ke kampus hijau UKSW yang berada di Jln. Diponegoro No. 52-60, Salatiga, Jawa Tengah.

Oya, walaupun UKSW adalah kampus Kristen, tetapi UKSW menerima dengan senang hati mahasiswa dari agama Islam maupun agama lainnya. Agama saya saja Islam lho. Kampus juga tidak melarang mahasiswanya untuk memakai jilbab. So, jangan sungkan bergabung dengan kami. Kami tunggu kehadiran anda di “Kampus Indonesia Mini” kami..:-)

Oleh : Widya Kartika Dewi (Mahasiswi FEB UKSW angkatan 2010)

Publish on Kompasiana
Komentar
  1. franco mengatakan:

    judulnya indonesia mini…tp dikit bgt info ttg aktivitas indonesia mini di uksw…🙂

  2. dewi mengatakan:

    ampun maassss… waktu aku nulis itu, blm tau bnyk ak ttg uksw. hehe ntar ya klo nulis lg, ak lengkapi datanya. hehe

  3. NN mengatakan:

    penulisannya di perhatikan ya… terutama dieditor , redaksinya lebih ketat penyaringannya , opini boleh asal tidak mengesampikan dari segi tulisan… “so” “oya”

    ^^b

    maju ascarya

  4. francobl mengatakan:

    hohohoho..
    biasanya sebelum nulis kan cari referensi dulu…minimal bertanya-lah..

    okok…🙂
    not badlah

  5. dewi mengatakan:

    hehehe.. namanya juga spontan nulis. kurang referensinya. hehe

  6. Lia mengatakan:

    Penulisan tentang prestasi Lentera Kasih & kelompok vokal dari FSP itu terbalik..
    Lentera Kasih – Pontianak
    Kelompok Vokal FSP – Singapore & Thailand (konser persahabatan)

    Pasti dengar dari MC OMB 2010. hehe..😀

  7. Iand mengatakan:

    haoooo……..angktan ’10 yaa??????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s