LK FEB PEDULI MERAPI

Posted: November 9, 2010 in Berita, Liputan

Selasa, 9 November 2010. Sejumlah orang dari Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis UKSW memberikan bantuan berupa logistik yang telah terkumpul kepada korban bencana gunung merapi yang berada di desa Tular, kelurahan Seloboro, Kecamatan Salem, kab. Magelang. Suasana yang sangat tidak indah saat perjalanan rombongan menuju ke lokasi dengan diiringi hujan abu yang bercampur dengan air hujan. Bahkan selama perjalanan banyak pohon-pohon yang tumbang, penerangan padam, jalan yang licin karena abu vulkanik yang menumpuk dijalan dan bercampur dengan air hujan. Lokasi yang kami pilih bukanlah tempat posko pengungsian, melainkan desa yang masih belum terelokasi tetapi benar-benar sangat membutuhkan uluran tangan. Alasan kami tidak memilih tempat ke lokasi pengungsian dengan pertimbangan melihat informasi-informasi yang ada diposko-posko pengungsi kebanyakan sudah sangat terpenuhi untuk bantuan dan bahkan sampai lebih, “kata Ferdiles ketua Senat Mahasiswa FEB”.

Setibanya dilokasi bantuan yang dibawa langsung diberikan kepada warga Tular. Kami juga diajak oleh warga setempat melihat lokasi-lokasi sekitar yang memang sangat parah. Memang daerah ini berada pada titik aman yaitu sekitar 25 Km dari puncak Merapi. Tapi dampak yang ditimbulkan dari letusan merapi sangat terasa bahkan aktivitas warga sehari-hari berhenti akibat bencana merapi ini, “kata pak santo, salah satu warga desa Tular”. Banyak atap rumah warga yang rusak dan pohon-pohon yang tumbang yang disebabkan oleh tumpukan abu vulkanik yang menumpuk sangat banyak, serta penerangan didaerah tersebut semuanya padam.

Didesa Tular masih sangat membutuhkan bantuan khususnya untuk penerangan, sembako, pakaian, dan juga masker untuk pelindung pernafasan dari debu vulkanik sangat kurang. Depresi juga di alami oleh warga tular. Dampak psikologi yang di timbulkan dari efek letusan gunung merapi ini cukup besar ketakutan hilangnya harapan dan sebagainya, apalagi di tambah banyaknya rumor yang cukup membuat warga tular panik, seperti akan muncul gas beracun ancaman lahar dingin dan sebagainya.

oleh: Erick Gracia & Tommi Wijaya

Komentar
  1. 4LaY B3eeuuudddd mengatakan:

    like this deh…
    teruskan menulisnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s