Menjalankan Suatu Organisasi

Posted: Oktober 17, 2010 in Opini

Sebuah organisasi merupakan suatu kumpulan atau wadah bagi kumpulan-kumpulan individu yang mempunyai tujuan yang sama yang ingin dicapai secara bersama-sama pula. Ada banyak sekali model sebuah organisasi yang ada saat ini. Apakah itu organisasi bisnis, organisasi sosial atau nirlaba, organisasi kemasyarakatan dan tentunya masih banyak bentuk organisasi yang lainnya. Didalam suatu organisasi tentu ada banyak dinamika yang terjadi baik yang berasal dari dalam ataupun luar. Tinggal bagaimana peran para perilaku didalam organisasi tersebut menyikapinya. Jika dapat mengambil sebuah makna dari dinamika yang terjadi tentunya akan menambah tingkat “kedewasaan” sebuah organisasi. Namun jika tidak tidak dapat mengambil makna dibalik dinamika tersebut tentunya malah akan menghambat tingkat “kedewasaan” organisasi itu sendiri.

Didalam sebuah organisasi tidak terlepas dari peranan individu-individu yang ada didalamnya. Ya, karena tanpa peranan para individu didalamnya bisa dikatakan organisasi tidak berjalan atau malah “mati”. Peranan individu dalam membesarkan sebuah organisasi tidak hanya sebatas peran jasmaniah saja atau apa yang disebut sebagai posisi individu dalam organisasi, melainkan juga melibatkan peranan mental, perasaan dan emosi dari dalam individu itu sendiri. selain itu peranan kesediaan “memberi lebih” bagi organisasi juga cukup mempengaruhi.

Jadi, pertanyaannya adalah bagaimana agar organisasi dapat berjalan dengan baik atau mencapai dari tujuan yang di inginkan?????? Seperti yang telah disinggung diatas libatkanlah peranan individu didalamnya secara menyeluruh. bukan hanya keterlibatan fisik atau jasmaniah semata namun libatkanlah juga perasaannya, emosionalnya dan juga mentalnya. Selain itu paculah individu agar mau “memberi lebih” bagi organisasi, bila hal ini telah dilakukan maka terdapat rasa senang dan kesukarelaan memberi bagi organisasinya. dan yang terakhir tumbuhkanlah rasa tanggung jawab. Bila hal diatas telah dilakukan maka rasa memiliki sebuah organisasi itu atau “the sense of belongingness” akan tumbuh disetiap diri individu pelaku organisasi yang pada akhirnya akan menambah tingkat “kedewasaan” sebuah organisasi.

Komentar
  1. nurrahman18 mengatakan:

    organisasi tumbuh berkembang dalam berbagai komunitas, komunitas hobi..saling terkait karena sama kesukaannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s