ADA CERITA di 2009

Posted: Desember 14, 2009 in Tidak terkategori

Awal tahun ajaran baru di suatu perguruan tinggi menjadi hal yang paling berkesan. Penerimaan mahasiswa baru menjadi rutinitas yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Mulai dari proses administrasi akademik hingga masa orientasi mahasiswa baru yang berujung pada malam keakraban. Terkadang dengan diadakannya malam keakraban membuat beberapa mahasiswa baru tersenyum sinis dalam menganggapi hal ini. Berbagai opini mahasiswa baru muncul saat membayangkan apa yang nantinya akan terjadi di makrab.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Tema yang diusung panitia makrab adalah Great Gold Generation. Menurut Beny ketua panitia, pemilihan tema ini atas dalil Fakultas Ekonomi yang akan genap berusia 50 tahun pada 5 Desember 2009 nanti. Kegiatan yang didukung secara penuh oleh fakultas beserta Koordinator Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi sangat mengharapkan kegiatan ini dapat secara apik dikemas sedemikian rupa agar mahasiswa baru dapat mengenal lingkungan barunya. “Jika dari awal mahasiswa baru tidak dikenalkan almamaternya maka berikutnya mahasiswa tersebut tidak akan perduli”, kata Arief Widodo, Kordbidkem Fakultas Ekonomi.

Kegiatan makrab Fakultas Ekonomi dimulai dari tanggal 1 sampai 4 Oktober 2009. ”Hari pertama mahasiswa diajak untuk mengenal Lembaga Kemahasiswaan yang ada di Fakultas Ekonomi dengan konsep Museum LK”, kata Beny ketua panitia. Acara yang bertempat di dalam Balairung Utama UKSW ini dikemas sedemikian rupa dengan harapan mahasiswa baru dapat mengenal lebih dekat tentang lembaga kemahasiswaan. Lanjut pada hari kedua yang masih di dalam Balairung Utama menampilkan kreasi seni yang dibawakan oleh masing-masing kelompok dimana mahasiswa berkolaborasi dengan dosen Fakultas Ekonomi. Penutupan pada hari kedua disambut meriah oleh mahasiswa baru saat vokalis dari Hello, Widi masuk ke podium dan membawakan lagu ”Pejuang Cinta”. Widi adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi UKSW angkatan 2004 merasa sangat senang sekali. Widi saat diwawancarai oleh E-Time mengungkapkan perasaan yang tidak terbendung lagi ketika kembali ke almamaternya.

FE Castle

Suara mahasiswa

Pada hari ketiga mahasiswa baru langsung dirujuk ke Pantaran, Ampel Boyolali. Menurut Beny, di sini kegiatan dikemas lebih menarik dan membuat mahasiswa baru tidak bosan menjalani aktivitas kegiatan yang telah panitia rancang. Ciri khas dari kegiatan makrab di Fakultas Ekonomi adalah adanya pemilihan Ketua Angkatan. Pada kesempatan kali ini panitia bekerja sama dengan SEMA FE dan BPM FE guna melakukan proses pemilihan Ketua Angkatan 2009. Ada empat calon yang berhasil masuk final dari saringan proses seleksi sebelumnya, Endhika, Juan, Puput dan Rio mereka berjuang untuk mendapatkan kursi sebagai Ketua Angkatan 2009. Dari hasil debat yang dilakukan terpilih Endhyka ”Papua” sebagai Ketua Angkatan 2009. Penyematan secara simbolis kepada Endhyka dilakukan oleh Jose dan Imelda sebagai Pimpinan LKFE.

Minggu pagi, Pantaran di selimuti sinar matahari yang begitu hangat dan aktivitas kembali dilanjutkan. Hari terakhir makrab diharapkan menjadi hari yang paling berkesan dan menjadi bekal cerita indah bagi mahasiswa baru. Cuaca yang cerah sangat mendukung sekali untuk melakukan aktivitas outbond yang dikoordinir oleh Tim HTC (Humanity Training & Consulting). Beragam permainan yang memaksa kerja sama tim diselami oleh semua mahasiswa baru, mulai dari Estafet game, Moving Ball, Human Tower, Bola Bergulir, sampai pada game pamungkas FE Castle. ”Keren, terutama ketika kami dilempar plastik berisi air saat game FE Castle”, kata Tata, mahasiswa angkatan 2009 Program Studi Manajemen.

Senyum indah menghiasi raut muka penuh lelah dari mahasiswa baru dan panitia. Kemenangan atas kesuksesan acara yang dikemas luar biasa oleh panitia membawa mahasiswa baru pulang dengan senyuman terindah mereka.

Oleh : Arief Eka Setiawan & Adhe Laksana Nugraha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s