Jadi Entrepreneur Harus Memiliki Semangat

Posted: Desember 20, 2008 in Berita
Tag:, , , , ,

Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana mengadakan seminar “Being Entreprenuer Mandiri  of TheYear 2009” Rabu, 3 Desember 2008. Diadakan di Balairung Universitas, seminar ini merupakan rangkaian acara Dies Natalis FE ke-49.

Pembicaranya, Sudhamek AWS, Andrie Wongso dan Kafi Kurnia yang merupakan pakar di bidangnya.

Sudhamek yang lulusan FE tahun 1981, adalah entrepreneur yang menerima penghargaan “Entrepreneur of The Year 2004” dari Ernst & Young (penghargaan bagi wirausahawan nasional).

Sudhamek menyampaikan, jadi seorang entrepreneur sejati harus pintar melihat dan mencari peluang usaha, berani memanfaatkan peluang dan tidak kenal menyerah.

Pria yang merupakan Chief Executive Officer Garuda Food ini juga menceritakan masa-masa kuliah. Saat kuliah di Satya Wacana, ia melakukan usaha dengan memasarkan produk kacang buatan keluarga, yang jadi cikal bakal perusahaan Garuda Food.

“Selagi masih kuliah siapkan diri kita sebagai mahasiswa untuk terjun di dunia bisnis yang sesungguhnya, karena di dunia bisnis yang sesungguhnya, kita tidak punya lagi kesempatan untuk mempersiapkan diri,” pesan Sudhamek kepada mahasiswa.

Pembicara selanjutnya adalah seorang motivator kondang dan dijuluki sebagai motivator nomor satu Indonesia, Andrie Wongso. Pria kelahiran Malang, Jawa Timur tahun 1954 ini merupakan anak dari keluarga yang miskin.

Dengan semangat ia membagikan cerita masa kecilnya -yang tumbuh dalam himpitan ekonomi dan berjuang mencapai sukses- Andrie Wongso membuat peserta seminar terkagum-kagum akan kisah hidupnya

Andrie Wongso menyampaikan, jadi seorang entrepreneur harus memiliki semangat, motivasi dan tekad kuat mencapai target yang ingin diraih, yang digambarkannya seperti percikan api dalam busi kendaraan. Tanpa percikan api busi, kendaraan bermotor tak akan bisa berjalan

“Hidup itu harus diatasi, dihadapi, ditahan dan jangan gampang mengeluh,” kata Andrie Wongso, menutup sesi..

Sesi terakhir diisi Kafi Kurnia, seorang konsultan marketing, praktisi, kolumnis, trainer dan motivator handal. Ujarnya, jadi entrepreneur, harus mengubah attitude (berupa sikap-sikap yang kurang baik).

“Kamu dilahirkan untuk menjadi pemenang, menjadi pemenang harus plan to win, prepare to win, and expert to win,“ kata mutiara dalam seminar sebagai penutup.

Andrew Prasetyo Aji

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s