Basket Putri Cemerlang, Putra Harus Puas Pada Posisi Tiga

Posted: Maret 31, 2008 in Berita
Tag:, ,

Liputan POM 2008: Basket

Tim Basket Fakultas Ekonomi di bawah asuhan pelatih yang akrab dipanggil Awing mampu memberikan sumbangsih yang luar biasa pada Pekan Olahraga Mahasiswa (POM) 2008. FE mampu menunjukan taringnya dengan menyabet juara pertama kelompok putri dan juara tiga kelompok putra. Suatu prestasi yang cukup membanggakan bila melihat persipan yang dilakukan tim sangat kurang.

Pada kelompok putri, tim basket putri FE melewati setiap pertandingan nyaris tanpa menemui kesulitan yang berarti. Menurut Kordinator EBC (Economic Basketball Club) Septi Wibowo, tim basket putri FE nyaris tanpa hambatan sama sekali. Namun, menurut beliau, lawan yang berat yang dihadapi justru datang di pertandingan pertama melawan Fakultas Psikologi (FPsi) dan di final melawan Fakultas Teknik Informatika (FTI). Melawan FPsi tim basket putri FE harus bekerja keras hingga akhirnya menuntaskan pertandingan dengan skor akhir 24-21.

Kordinator EBC Septi Wibowo mengungkapkan bahwa POM kali ini sudah sesuai dengan yang diperkirakan sebelumnya. ”Awal pertandingan lawan Fakultas Psikologi memang berat tapi jika sudah bisa melewatinya kami yakin dapat masuk final dan lawan FTI,” ujar Septi.

Pertandingan berikutnya, tim basket putri FE tampil ganas. Hal ini terbukti dengan berhasil menggunduli FTEK (Fakultas Teknik Elektro dan Komputer) dengan skor akhir 27-0. Di semifinalpun terjadi hal yang sama, dengan mempecundangi Fakultas Theologi (FTh) dengan skor akhir 53-0.

Di petandingan final, tim basket putri menghadapi salah satu unggulan yaitu FTI. Dengan menerapkan zone defence 2-3, pada kuarter pertama tim lawan tak mampu mengejar skor dan menjauh dari FE.

Mulai kuarter kedua terlihat para pemain dan pelatih mulai panik. Tim lawan mulai membaca permainan dari tim basket putri FE, serta merubah pola permainan. Sedikit-demi sedikit FTI mulai mencuri poin. Nova, pemain bernomer punggung 4 bahkan terpaksa harus meninggalkan lapangan karena melakukan foul (pelanggaran) sebanyak lima kali.

Tak cukup, pada akhir kuarter terakhir Meity pemain mengalami foul-out, dan dengan wajah yang kecewa harus meninggalkan lapangan. Kapten tim, Mila, juga mengalami nasib yang sama harus keluar meninggalkan lapangan.

Namun kerja keras di awal kuarter membuahkan hasil. Tim lawan tak mampu mengejar. Hingga akhir kuarter, semangat pemain kembali dan kembali mencetak point. Pertandingan berakhir dengan skor akhir 41-33 untuk kemenangan tim basket putri FE.

Tim Putra Juara Tiga

Prestasi tim basket putra FE tak secemerlang tim putrinya. Harus menelan pil pahit kalah di semi final dan harus puas membawa trofi juara ketiga.

Sejak pertandingan pertama tim basket putra tak mendapat kesulitan yang berarti. Dengan mencukur habis tim basket Fakultas Ilmu Sosial Politik (Fisipol) dengan skor akhir 20-0 dan membabat FSM (Fakultas Sains Matematika) dengan skor akhir 39-15.

Pada pertandingan semifinal, tim basket FE berjumpa dengan FTI. Pada kuarter pertama mampu mengimbangi permainan FTI. Bahkan sempat unggul terlebih dahulu. Dengan semangatnya tim EBC terus menggempur. Formasi yang diterapkan adalah zone defence 2-3.

Mulai kuarter dua mengalami kedodoran dan terus terkejar oleh tim lawan. Hingga kuarter, tim lawan mulai menjauh dari tim basket putra FE. Fisik yang mulai menurun membuat pemain sedikit kacau dalam menerapkan strateginya. Terlebih lagi permainan dari tim basket putra FE telah terbaca. Kondisi fisik semakin drop dan konsentrasi menurun drastis. Para pemain tak berbuat banyak sampai akhirnya harus menyerah kalah dengan skor akhir 34-59.

Dan pada perebutan juara ketiga, tim basket putra FE menghabisi Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing (Stiba) dengan skor 79-40.

Ferrynela Purbo Laksono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s