Rapat Kerja Fakultas Ekonomi, Bekerja Sambil Refreshing?

Posted: Maret 7, 2008 in Opini
Tag:, , , , ,

Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana (FE UKSW) kita yang tercinta ini baru saja mengadakan Rapat Kerja (Raker) untuk tahun 2007-2008 di Hotel Jayakarta, Yogyakarta pada tanggal 28 Februari 2008 hingga 1 Maret 2008. Rapat kerja tahun ini dibuat agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang biasanya dilakukan di dalam Kota Salatiga. Selama tiga hari dua malam para dosen duduk bersama membicarakan apa yang sekiranya harus dilakukan selama satu tahun mendatang. Para peserta rapat kerja ini terdiri dari sejumlah dosen FE UKSW dan empat orang wakil mahasiswa, masing-masing dua orang untuk Korps Asisten dan Lembaga Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi (LK FE).

Rombongan peserta Raker FE UKSW berangkat pada hari Kamis pagi, tertanggal 28 Februari 2008. Sesampainya di Yogyakarta, segenap rombongan turun dari bus dan langsung menuju ke ruang makan untuk makan siang. Setelah selesai menyantap makan siang, rombongan dari FE UKSW naik ke ruangan Rama Shinta yang akan digunakan untuk melangsungkan rapat kerja selama tiga hari dua malam ke depan. Rapat kerja diawali dengan pembukaan dan sambutan yang dilakukan oleh Dekan FE UKSW. Setelah itu, rapat kerja FE UKSW pun resmi dimulai. Ironisnya, Raker FE UKSW tidak mempunyai tata tertib yang baku yang harus dipatuhi oleh para peserta rapat. Ketika ditanyakan mengenai tata tertib rapat oleh Konta Intan Damanik (KID), pihak panitia Raker hanya mengatakan bahwa para peserta rapat adalah orang-orang dewasa yang sudah mengerti aturan.

Rapat diawali dengan presentasi oleh Korps Asisten FE UKSW dan LKFE mengenai isu-isu strategik yang berkembang di mahasiswa. Salah satu isu yang dilontarkan oleh LKFE adalah mengenai kejelasan semester pengayaan yang sebentar lagi ada di depan mata. Hal ini perlu diperjelas karena pihak Fakultas seperti “mengingkari” janjinya bahwa sosialisasi mengenai semester pengayaan akan diberikan kepada mahasiswa FE UKSW di awal Februari; namun, pada kenyataannya, sampai memasuki bulan Maret belum terlihat tanda-tanda bahwa pihak Fakultas akan memberikan sosialisasi yang dulu pernah dijanjikannya. Mengenai hal ini, pihak Fakultas memberikan tanggapan dengan berjanji akan memberikan sosialisasi secepatnya sepulang dari rapat kerja.

Setelah sesi presentasi dari mahasiswa selesai, panitia Raker melanjutkan dengan sesi pembagian kamar untuk para peserta. Rapat kerja dilanjutkan sore harinya dengan sesi diskusi mengenai isu-isu strategik di FE UKSW yang sudah diputuskan pada Pra-Rapat Kerja FE UKSW seminggu sebelumnya. Diskusi ini dilakukan dengan membagi para peserta Raker ke dalam empat Focus Group Discussion (FGD) yang masing-masing membahas isu-isu yang berbeda. Diskusi ini dilakukan dengan tujuan membuat solusi-solusi konkret bagi isu-isu strategik yang berkembang. Rapat Kerja hari pertama ditutup dengan renungan malam yang diberikan oleh Mas Pri.

Sesi Raker FE UKSW hari kedua diawali dengan renungan pagi dan dilanjutkan dengan membagi para peserta raker ke dalam tiga kelompok besar menurut program studinya masing-masing; Manajemen, Ilmu Ekonomi, dan Akuntansi. Diskusi tiga kelompok besar ini dilakukan sebanyak tiga kali pada hari yang sama. Setelah itu, ada game keakraban yang dirancang oleh panitia bagi para peserta raker. Dilihat secara sepintas, mungkin terasa aneh ketika di tengah-tengah raker, waktu seolah “terbuang” percuma “hanya” untuk sekedar bermain-main saja dibandingkan untuk memikirkan dan membahas isu-isu strategik yang ada secara mendalam. Pada malam harinya, diadakan pleno untuk membicarakan keputusan-keputusan yang (mungkin) diambil secara otonom oleh masing-masing program studi dengan mengacu pada hasil diskusi raker hari pertama.

Beberapa keputusan di antaranya adalah bahwa para dosen diharuskan untuk mengikuti tes TOEFL dan mendapatkan skor minimal 474 (setara dengan skor 5 pada IELTS) dan menetapkan hari Rabu sebagai English Day di FE. Mungkin hal ini ada baiknya mengigat banyak literatur acuan kuliah yang menggunakan bahasa Inggris. Tetapi, sebenarnya skor TOEFL 474 masih tergolong rendah, apalagi untuk ukuran dosen. Keputusan yang lain adalah mengenai program studi Ilmu Ekonomi yang akan membenahi dirinya untuk menghadapi tahun ajaran 2008-2009 yang akan datang.

Sebenarnya raker sudah bisa ditutup pada hari itu juga, tetapi akhirnya penutupan raker ditunda hingga keesokan harinya. Sebelum menjelang hari ketiga, sudah ada beberapa dosen yang meninggalkan raker untuk kepentingan-kepentingan tertentu. Hal ini menjadi ironi kedua pada raker FE UKSW kali ini. Karena pada forum pleno pun, tidak banyak dosen yang berbicara atau mengemukakan pendapatnya. Jika ada orang luar FE UKSW yang melihat hal ini, ada dua kemungkinan yang terbersit. Satu, orang-orang yang duduk di FE UKSW adalah orang-orang yang pengalah. Dua, orang-orang yang duduk di FE UKSW adalah tipikal orang Indonesia pada umumnya yang hanya cenderung diam saja, asal dirinya berada di posisi yang aman. Seharusnya, jika memang peduli dengan FE UKSW seperti yang selama ini diteriakkan, sebenarnya pada forum-forum seperti inilah saatnya untuk memberikan pendapat demi mencari yang terbaik bagi fakultas kita. Tetapi yang terjadi adalah rapat yang berorientasi pada waktu. Jika waktu sudah habis, seharusnya pleno dapat dengan bijaksana memutuskan untuk tetap bertahan lebih lama lagi di ruang rapat. Bukannya langsung menutup begitu saja.

Tidak ada yang salah dengan susunan acara yang ditetapkan panitia. Yang salah adalah ketiadaan semangat dam minat yang dapat dikatakan sangat kurang untuk mengikuti forum-forum terbuka seperti ini. Semoga di masa depan nanti, setiap orang yang duduk di Fakultas Ekonomi adalah orang-orang yang benar-benar concern dan menyayangi FE UKSW dan apa pun jabatannya, fungsional atau administratif,  dan bisa memberikan yang terbaik bagi fakultas tercinta ini. Bravo FE, Viva UKSW!

Rachel L.R Sinambela

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s