Sepi Peminat, Dies Natalis FE UKSW Ke-48.

Posted: Februari 29, 2008 in Berita
Tag:, , ,

Cukup ironis. Di satu sisi, Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana (FE UKSW) disebut-sebut sebagai salah satu FE terbaik di Indonesia. Namun di sisi lainnya, acara Dies Natalis FE Ke-48, yang dilaksanakan pada tanggal 6 Desember 2007 tidak tampak layaknya kemeriahan ”ulang tahun“ sebuah FE terbaik. Acara yang bertitel “Bersama dalam Cinta“ ini mendapat respon yang kurang baik dari mahasiswa FE pada umumnya.

Berdasarkan pengamatan E-Time, peserta yang hadir didonimasi oleh mahasiswa angkatan 2007 (yang memang diwajibkan untuk datang), sedangkan mahasiswa angkatan di atas 2007 hanya tampak beberapa mahasiswa saja. Lapangan Basket UKSW tempat diadakannya acara ini, tampak ramai hanya beberapa saat setelah dimulainya acara. Setelah acara berlangsung setengah jalan, mahasiswa FE yang hadir satu per satu meninggalkan lokasi acara, sehingga bangku penonton menjadi kosong.

Acara yang dimulai pukul 07.00 WIB ini berakhir pukul 10.00 WIB, atau dua jam selesai lebih awal dari yang direncanakan sebelumnya. Acara ini diisi oleh kegiatan-kegiatan seperti olahraga ringan, futsal dan games (permainan) yang diisi oleh civitas akademia FE. Peserta mulai beranjak meninggalkan Lapangan Basket UKSW beberapa saat permainan futsal dimulai.

Salah seorang mahasiswa FE yang hadir Aryo Sakti Herbowo, mengatakan bahwa acara Dies Natalis FE ke-48 ini terkesan kurang lancar, monoton dan tidak menarik. ”Kurang lancar acaranya, karena semua tidak terlibat. Monoton acaranya, cuma itu-itu aja, ndak menarik!“ tegas Aryo. Mengenai kurangnya antusiasme penonton, Aryo berpendapat bahwa penyebabnya adalah tidak dilibatkannya semua penonton oleh panitia dalam kegiatan yang ada di acara ini. ”Para penonton merasa bosan. Cuma lihat, duduk, nonton!“ lanjut Aryo.

Menurut keterangan dari ketua panitia Dies Natalis FE ke-48 Hani Sirine, SE,MM, tujuan acara ini sebenarnya adalah untuk mengakbrakan antara dosen, pegawai dan mahasiswa. ”Kalau kita lihat kan kadang-kadang ada slek antara dosen dengan mahasiswa, dan kadang-kadang mahasiswa juga kurang peka terhadap lingkungannya, nggak kenal sama dosennya. Itu (acara Dies Natalis- red) untuk menjembatani, agar kita jangan berdiri di atas kepentingan kita sendiri, karena kita bagian dari lingkungan Fakultas Ekonomi UKSW yang kita cintai,“ ujar Hani.

Disindir mengenai kurangnya antusiasme peserta terhadap acara ”ulang tahun“ ini, Hani beragumen bahwa peserta yang datang masih malu-malu. ”Aku melihatnya karena belum akrab, belum kenal, belum bisa melihat situasi,“ ucap dosen Program Studi Manajemen ini. Hani berharap bahwa dengan adanya acara ini, keakraban tidak berhenti hanya sampai di acara Dies Natalis saja, namun keakraban tetap ada di hari-hari berikutnya setelah Dies Natalis.

Yodie Hardiyan, Rayon Wibowo, Natalia Christanti, Penny Trilestari Ningsih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s