Harga Kedelai Naik, Pembuat Tahu Resah

Posted: Februari 22, 2008 in Berita
Tag:, ,

Harga kedelai yang naik hingga 2 kali lipat sangat merasahkan para pembuat tahu dan tempe. Salah satunya yaitu Riyanto, pemilik pabrik tahu Sumber Agung yang terletak di Jalan Imam Bonjol Salatiga. Beliau telah memulai usahanya sejak tahun 2003. Sebelum harga kedelai naik Riyanto mampu memproduksi 2 kuintal kacang kedelai yang ia peroleh dari Kopeng. Tiap 1 kuintal kedelai biasanya dapat digunakan untuk 8 kali masak, atau dengan kata lain dapat menghasilkan 7 papan yang setiap papan berisi 50-100 potong tahu, sehingga keuntungan yang diperolehnya mampu untuk memehuni kebutuhan keluarganya.

Namun, kini harga kedelai yang naik drastis, membuat Riyanto kebingungan menjalankan usahanya. Kini setiap hari ia hanya dapat mengolah 1 kuintal kacang kedelai. Pendapatan yang diperoleh turun hingga 50 %. Riyanto terpaksa mengurangi jumlah pegawai yang tadinya berjumlah 3 orang menjadi 1 orang. “Bisa buat makan saja sudah bersyukur,” ujar Riyanto. Bahkan terkadang pendapatan yang diterimanya tidak mampu untuk menutup besarnya biaya produksi. Selain membuat tahu, ia juga membuat tempe gembus. Walaupaun harga jual tempe gembus murah, namun hal itu bisa digunakan untuk menutup biaya produksi pembuatan tahu. Riyanto tidak memilih untuk menaikan harga tahu, namun ia lebih memilih memperkecil ukuran tahu yang dijualnya.

Kalaupun ada usaha lain yang dapat dijalankan, ia lebih memilih usaha tersebut. Namun karena keterbatasan modal, maka ia hanya dapat melanjutkan usaha yang telah dijalankannya saat ini, yaitu membuat tahu dan tempe gembus. Ia berharap agar harga kedelai dapat kembali seperti semula, kalaupun harus naik, beliau berharap kenaikannya tidak mencapai 2 kali lipat seperti saat ini…

Indah Purnamasari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s