Mahasiswa Belajar Sinematografi

Posted: Februari 8, 2008 in Berita
Tag:, , ,

Kine Finger Klub kembali mengadakan “Kupas Finger” —sebuah acara pembekalan sinematografi dan pengenalan organisasi kepada anggota baru. Kegiatan yang berlangsung tanggal 21, 22, dan 23 November 2008 ini, peserta tak melulu disuguhi teori, namun juga praktek memproduksi film pendek. Hasilnya? Sebuah film bertajuk ”Cintaku Di Sini”.

”Melatih bibit-bibit baru sinematografi agar bisa regenerasi (Kine) dan terus eksis,” kata Retno Mustikaningtyas, Ketua Umum Kine periode 2008/2009 menjelaskan tujuan kegiatan.

Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana angkatan 2008 mendominasi kegiatan rutin tahunan Kine ini. Berawal dari 40 mahasiswa mendaftar, menyusut hingga 19 setelah proses seleksi (wawancara). Penyusutan terjadi lagi saat pembekalan materi.

”Mungkin ini tahap-tahap membosankan,” cetus Tika, panggilan akrab Retno.

Peserta dibekali materi oleh fungsionaris Kine periode 2008/2009 dan para senior. Menurut Tika, hambatan yang dihadapi adalah ruang. Sejauh ini, Kine mengeluarkan kocek pribadi menyewa ruang di kampus untuk Kupas Finger karena merupakan kegiatan non-terstruktur. Kine belum punya ”kantor” sama halnya beberapa kelompok bakat minat Senat Mahasiswa FE seperti Tilar (teater), Permen (rohani) dan klub-klub olahraga.

Meski begitu, Tika berharap, kegiatan ini bisa menumbuhkan minat mahasiswa pada sinematografi dan mengembangkan Kine di masa mendatang. Acara ini “meluluskan” 11 mahasiswa.

Eka Junis Setyawan, sutradara ”Cintaku Di Sini”, mengaku mendapat materi mendetail mengenai sinematografi. Eka yang semasa sekolah menengah atas (SMA) pernah bikin film pendek, ikut Kine karena ingin menyalurkan hobi di bidang seni.

”Jadi tahu lebih banyak soal film,” harap Eka, mahasiswa FE angkatan 2008 asal Cirebon, Jawa Barat itu. Sebagai sutradara, ia mengaku belajar mengontrol emosi dan mengenal karakter manusia.

Yodie Hardiyan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s