Acara orientasi mahasiswa baru angkatan 2007 Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Satya Wacana (FE UKSW) yang bertajuk Economics Family Activities (EFA) berakhir pada tanggal 17 November 2007. Kegiatan terakhir EFA ini berlangsung di Balairung Utama (BU) UKSW, dimulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 21.30 WIB.

Pada hari terakhir EFA tersebut, berisi berbagai sesi antara lain dialog antara peserta dengan panitia mengenai EFA, pentas seni peserta, pementasan teater oleh Kelompok Bakat Minat (KBM) Teater Tilar FE UKSW, pentas musik oleh berbagai grup musik lokal Salatiga dan diakhiri dengan renungan.

Acara yang sempat molor beberapa menit ini, juga dihadiri oleh Dekan FE-UKSW Hari Sunarto, SE, MBA, PhD, Kepala Program Studi (Kaprogdi) Manajemen Komala Inggarwati, SE, MM dan jajaran pengurus Lembaga Kemahasiswaan (LK) FE UKSW.

Pada sesi dialog antara peserta dengan panita berlangsung cukup atraktif. Perwakilan dari angkatan 2007 memberikan beragam pertanyaan, komentar dan saran seputar EFA. Salah satu dari perwakilan angkatan 2007 mengeluhkan sikap seksi keamanan yang bertindak berlebihan dalam perihal ijin peserta untuk ke kamar mandi. “Seksi keamanannya resek,” ujar peserta tersebut. Komentar pedas dari peserta ini mendapat sambutan yang riuh dari peserta lainnya. Hal ini kemudian direspon oleh perwakilan panitia, bahwa ini adalah bentuk antisipatif bagi peserta agar dapat bergantian dengan peserta yang lain perihal ijin.

Acara kemudian diisi oleh pentas seni dari peserta yang tergabung dalam kelompok-kelompok. Pentas seni dari peserta seperti modern dance, fashion show, drama hingga duplikasi acara televisi Mosquarade.  Grup musik lokal Salatiga yang menjadi bintang tamu, bergantian tampil sesuai jadwal yang telah ditentukan panitia. Diawali oleh Peppermint, OM DUTA, Sachochee dan diakhiri oleh Langensuko. Saat para bintang tamu tampil, sebagian peserta EFA merangsek ke bibir panggung dan bergoyang dengan antusias. Tidak ada kericuhan saat pagelaran musik berlangsung.

EFA sendiri berjumlah empat pertemuan plus dua pertemuan Latihan Dasar Kepempimpinan (LDK). EFA berlangsung selama 4 bulan, yang diatur secara periodik oleh panitia pada hari Sabtu. Acara ini dapat dikategorikan ”produk baru” karena pada acara-acara orientasi mahasiswa baru pada tahun-tahun sebelumnya, berlangsung tidak lebih dari seminggu. Sebut saja Economics Family Day (EFD) 2006, yang hanya berlangsung selama tiga hari berturut-turut.

Ketua panitia EFA, Rizki Wicaksono berujar bahwa malam terakhir EFA itu untuk merefleksikan apa yang telah dilakukan panitia selama 4 bulan ”mengena” atau tidak bagi peserta EFA. ”Ada sesi untuk mengeluarkan uneg-uneg kepada panitia,” tutur Rizki. Lanjut Rizki, harapan dari acara ini adalah memperkenalkan bahwa kehidupan di kampus sudah berbeda dengan sebelumnya (SMA).

Yodie Hardiyan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s