“Cintaku Sahabat Pacarku”

Posted: Januari 22, 2008 in Berita
Tag:, , , ,

Kelompok Bakat Minat (KBM) Finger Kine Klub Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi (SEMA FE) pada tanggal 5, 6, 7 Januari 2008 mengadakan pelatihan produksi (shooting) film pendek bagi anggota baru. Kegiatan pelatihan produksi film pendek ini merupakan serangkaian kegiatan pelatihan sinematografi yang bertajuk Kupas Finger.

Kegiatan produksi film pendek ini menggunakan lokasi shooting di sekitar Gedung B, Cafe Rindang, Ruang kuliah PP2A Gedung Perpustakaan Pusat, Gedung E dan juga berlokasi di luar kampus UKSW yaitu di indekost Jalan Diponegoro 71, Salatiga.

Proses produksi film pendek ini digarap oleh anggota baru yang berjumlah 12 orang ditambah talent (pemain) yang dicomot dari beberapa mahasiswa non-FE. Anggota baru Finger Kine Klub mayoritas dihiasi oleh wajah-wajah mahasiswa angkatan 2007. Film yang digarap kali ini bertemakan cinta dan persahabatan yang berjudul “Cintaku Sahabat Pacarku”.

Ide cerita film pendek bertemakan kisah persahabatan dan percintaan di kalangan remaja (baca: mahasiswa) ini digarap oleh Saptono Fajar H. Film ini mengisahkan Aldy, seorang remaja yang sulit mendapatkan teman karena mendapat “batasan” dari orangtuanya. Kemudian Aldy bertemu dengan Sean saat menjalani masa orientasi mahasiswa baru, yang lantas menjadi sahabat Aldy. Tetapi, ternyata timbul masalah diantara mereka berdua, karena Cindy (pacar Sean) menyukai Aldy dan Aldy juga menaruh perasaan yang sama. Sean yang mengetahui hal itu, tak bisa menahan emosinya dan memutuskan hubungan persahabatannya dengan Aldy.

Salah satu peserta dari kegiatan Kupas Finger, Aprilia Handini, saat diwawancarai E-Time setelah shooting di hari pertama, menuturkan beragam manfaatnya mengikuti kegiatan ini. “Mendapat pengalaman, lebih akrab sama temen, tahu sifat-sifatnya dan keahlian kamera,” ujar mahasiswi yang saat itu berperan sebagai pimpinan produksi dan kameramen. Mahasiswi yang akrab disapa April atau Lia ini, berharap dapat menguasai lebih dalam penguasaan teknik kamera. “Aku pengen lebih bisa teknik kamera, tadi (proses produksi– red) kan baru teknik-teknik dasarnya,” tambah Lia.

Menurut Ketua KBM Finger Kine Klub SEMA FE, Felix Richard M.Pandiangan, kegiatan Kupas Finger ini terdiri dari tiga tahap. Tahap pertama adalah pra-produksi (materi, ide cerita teknik-teknik kamera dan teknik editing), produksi (shooting), dan pasca produksi (editing).

Lanjut Felix, kegiatan ini mempunyai banyak sisi positif seperti pelajaran membuat film, kerjasama dalam tim, kepempimpinan dan berorganisasi. “Kegiatan ini untuk melatih anggota baru cara-cara membuat film dan juga melatih kerjasama dalam tim,” ujar mahasiswa angkatan 2003 tersebut. Tambah Felix, kegiatan ini bukannya tanpa kendala, seperti proses penyampaian materi dari pemateri kepada anggota baru, koordinasi hingga penguasaan teknik dalam produksi. Saat ditanya mengenai harapan dari kegiatan Kupas Finger ini, Felix menjawab optimistis, “Agar mahasiswa FE bisa lebih mengenal dunia sinematografi, tidak hanya edukasional saat kuliah.”

Yodie Hardiyan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s